6th IDSS (International Dental Summer School) Muhammadiyah University of Yogyakarta

     Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menyelenggarakan IDSS (International Dental Summer School) pada tanggal 10-26 Agustus 2015. IDSS merupakan salah satu program summer school tahunan yang hingga saat ini masih berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAKAGI) Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

     Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa kedokteran gigi dan fresh graduate dentist dari seluruh dunia. Kegiatan yang telah diakui dan didukung oleh IADS (International Asocciation of Dental Students) ini merupakan Summer School pertama yang ada di Indonesia khususnya dibidang Kedokteran Gigi. Tahun ini IDSS diikuti oleh 17 peserta dari 7 negara, yaitu Malaysia, Aljazair, Mesir, Italy, Slovakia, Romania serta Polandia.

            Arya Nur Ihsan selaku Project Manager IDSS 2015 mengungkapkan bahwa hal yang mendasari kegiatan IDSS ini adalah keinginan untuk memperkenalkan beberapa subjek yang jarang ditemui kepada mahasiswa kedokteran gigi dari seluruh dunia, berbagi pengalaman dan juga bertukar budaya. IDSS pada tahun ini mengusung tema Sealing for Smiling, tema ini dipilih dalam rangka ikut menyemarakkan WOHD yang bertema pencegahan gigi berlubang.

     IDSS sudah dilaksanakan sejak tahun 2010, sehingga tahun ini merupakan pelaksanaan IDSS yang ke-6. Terdapat dua jenis program utama yang dilaksanakan pada saat IDSS, yaitu educational program dan non educational program. Educational program merupakan program akademik yang diikuti oleh seluruh peserta, yaitu lecture atau kuliah umum dari dosen pakar, mengunjungi puskesmas dan posyandu, skills lab, tutorial, asisting, dan juga diskusi serta pemaparan hasil. Sedangkan untuk non educational programnya antara lain camping, rafting, village day, dll. Selain itu terdapat suatu agenda yang bertujuan untuk mengenalkan ragam budaya Nusantara khususnya budaya Yogyakarta dan peserta mengenalkan budaya daerah asal serta bertukar makanan khas daerah masing-masing.

     Kegiatan IDSS 2015 ini berlangsung lancar dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Tidak hanya mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Gigi UMY yang tergabung dalam kepanitiaan saja yang terlibat dalam acara ini, namun juga dosen dan civitas akademika UMY, pihak RSGM UMY, beberapa dosen pakar yang diundang khusus pada IDSS, pihak puskesmas, SLB, dan pihak lain yang ikut serta melancarkan IDSS.

     “Semoga IDSS terus bisa mengharumkan nama Program Studi pendidikan Dokter Gigi UMY sebagai salah satu Prodi Kedokteran Gigi terbaik, serta  menjadi pionir yang dapat menjadi acuan diadakannya summer school khususnya dibidang Kedokteran Gigi. Semoga IDSS semakin matang perencanaan dan pelaksanaannya, sehingga semakin dikenal di kancah nasional maupun internasional”, ujar Arya ketika ditanya mengenai harapan IDSS untuk kedepannya. (HS)

UMY 1

UMY 2

UMY 3

-Hafida Setiasri-

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Leave a Reply

  • (will not be published)


2 × = six