Aksi Peduli Kanker Anak – HIMA PSIKG Universitas YARSI

     Kanker merupakan salah satu penyakit yang telah menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Setiap tahun, 12 juta orang di seluruh dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia karena kanker. Jika tidak diambil tindakan pengendalian yang memadai, pada tahun 2030 diperkirakan 26 juta orang akan menderita kanker dan 17 juta di antaranya akan meninggal dunia karena kanker. Kejadian ini akan terjadi lebih cepat di negara miskin dan berkembang. Jumlah pasien kanker akan meningkat drastis bila kita tidak berbuat apapun untuk mencegahnya. Karena anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

     Pada tanggal 3 April 2016, HIMA PSIKG Universitas YARSI mengadakan kunjungan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) di Jl. Percetakan Negara IX No. 10 A Kel. Rawasari, Jakarta Pusat. Agenda ini merupakan salah satu program kerja departemen pengabdian masyarakat HIMA Universitas YARSI. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa peduli dan kecintaan terhadap adik-adik penderita kanker serta memberikan semangat dan motivasi untuk mereka.

     Dalam acara ini, terdiri dari pengurus serta anggota magang HIMA 2016, kaka pendongeng, dan 50 adik-adik penderita kanker. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dengan serangakaian acara yang sangat seru dan tentunya menambah ilmu. Acara berlangsung dimulai dengan pembacaan doa, sambutan dari ketua acara, beserta perwakilan dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.

yarsi 1

Sambutan dari ketua acara PYRAMID oleh Syelvira dan perwakilan YKAKI oleh Ibu Pia Alamudi

     Selanjutnya dilanjutkan dengan pengenalan dan yel-yel untuk mendekatkan diri dengan adik-adik penderita kanker. Kegiatan ini berlangsung dengan suasana yang penuh haru sekaligus meriah dan menyenangkan.

     Setelah saling berkenalan dengan adik-adik, acara berikutnya adalah penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dalam bentuk cerita dongeng dan boneka tangan yang diperagakan oleh tamu undangan Aina Fisabila. Cara ini selain memberikan pengetahuan dapat menarik minat karena tidak membuat adik-adik jenuh. Dalam sesi ini, dilanjutkan dengan simulasi sederhana cara menyikat gigi yang baik dan benar dengan menggunakan model studi gigi. Adik-adik penderita kanker ini terlihat begitu antusias ketika diminta untuk mempraktikannya. Sambil belajar dan bermain, sesi ini dilanjutkan dengan games bersama adik-adik di YKAKI.

yarsi 2

Aksi cerita dongeng oleh Kakak Aina Fisabila dan Kakak Qurrataiani

yang sedang melakukan simulasi menyikat gigi

     Kemudian dilanjutkan dengan mewarnai, dimana panitia yang selalu mendampingi membantu adik-adik ini untuk menyelesaikannya. Suasana ini pun diiringi dengan live music oleh panitia untuk menghibur adik-adik sambil mewarnai.

yarsi 3

Adik-adik sedang mewarnai dengan didampingi panitia sambil diiringi live music oleh panitia

     Acara diakhiri dengan panitia bernyanyi bersama dengan adik-adik penderita kanker, pemberian pelakat serta hadiah kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, dilanjutkan dengan foto bersama.

yarsi 4

Pelepasan balon, bernyanyi, dan bermain bersama dengan adik-adik penderita kanker

yarsi 5

Foto bersama panitia, perwakilan dari YKAKI, serta adik-adik penderita kanker

     Meski singkat, namun berkesan untuk panitia dan semoga bermanfaat untuk adik-adik penderita kanker. Sudah saatnya kita peduli, berbagi, dan berbuat sesuatu untuk mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan kita semua guna mengurangi beban kehidupan mereka. Mengabdi pada masyarakat di sekitar, sebagai anak muda yang peka terhadap masyarakat karena kita sebagai mahasiswa Kedokteran Gigi merupakan “agent of changes”. SALAM PENGABDIAN.

(Yeni Rahmawati)

Leave a Reply

  • (will not be published)


5 + three =