Bakti Sosial BEM KBMFKG UMI 2016

Dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang berlandaskan pengabdian, pada tanggal 19-21 Februari 2016 BEM KBMFKG Universitas Muslim Indonesia kembali lagi mengadakan agenda tahunan yaitu kegiatan Bakti Sosial dengan tema “Merajut Kepedulian Melebur Perbedaan dalam Bingkai Budaya Nusantara”. Agenda tahunan ini adalah salah satu program kerja BEM KBMFKG UMI yaitu Pengabdian Masyarakat bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksakanan oleh mahasiswa baru angkatan 2015 sebagai salah satu proses kaderisasi dalam Keluarga Besar Mahasiswa Kedokteran Gigi (KBMFKG) UMI dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap kesehatan Gigi dan Mulut di Indonesia.

                     image (1)     image (2)

Kegiatan BAKSOS ini diadakan di SD Inpres Loka Desa Bontomarannu, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng, Makassar. Kegiatan BAKSOS diadakan selama 2 hari diawali dengan acara pelepasan dan keberangkatan peserta dan panitia dari Makassar ke Bantaeng. Setiba di Bantaeng Peserta dan panitia di sambut dengan acara Welcoming Dinner di Pantai Seruni oleh Sekertaris Daerah Bantaeng. Setelah acara Welcoming Dinner selesai peserta dan panitia diantar menuju Loka Desa Bontomarannu, dimana Desa tersebut adalah tempat dilaksanakannya baskos serta posko penginapan dari perserta dan panitia. Setibanya di Desa tersebut peserta langsung menuju ke posko penginapan serta diadakan breafing.

Pada hari kedua, pengabdian dimulai dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu DHE (Dental Health Education), Sikat Gigi Massal yang diikuti 300 siswa dari SD setempat, . Pada puncak acara yang paling dinantikan oleh warga setempat yaitu pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis. Pada pengobatan gigi gratis ini ada 2 sesi dimana pada sesi pertama pagi hari dilakukan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis pada siswa SD setempat, kemudian pada sesi kedua siang hari dilakukan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis pada warga setempat. Pada pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis ini siswa SD dan warga setempat dapat mendapatkan ART (Atraumatic Restorative Treatment), perawatan scalling, penambalan kavitas, dan pencabutan gigi. Warga dilayani oleh 32 mahasiswa pre klinik, tidak hanya mahasiswa pre klinik dan dosen, tetapi PDGI Kabupaten Bantaeng juga turun tangan pada ajang pengabdian ini. Antusiasme warga juga sangat luar biasa. SD Inpres Loka Desa Bontomarannu yang dijadikan tempat pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis tidak pernah terlihat sepi dimulai dari pukul 07.00 hingga 16.00. dalam kurun waktu tersebut para operator menangani 572 pasien.

                      thumb_IMG_0508_1024     thumb_IMG_0504_1024

                      image (11)     thumb_IMG_0885_1024

                      image     thumb_IMG_0919_1024

image (6)     image (5) image (4)     image (7)

Setelah pengabdian pada warga setempat selesai, peserta dan panitia berangkat menuju tempat city tour di Loka yang tempatnya tidak jauh dari posko. Setelah puas menikmati city tour peserta dan panitia kembali ke Pantai Seruni dan diberikan jamuan kembali oleh Bapak Bupati yang diwakili oleh Sekertaris daerah untuk pelepasan kegiatan dan pemberian kenang-kenangan. Pada hari ketiga peserta dan panitia kembali ke Makassar.

                      image (8)     image (9)

Oleh : Uky Damayanti

(Universitas Muslim Indonesia)

Leave a Reply

  • (will not be published)


8 + = fifteen