Bakti Sosial Nasional

Baksosnas Aceh

Bakti Sosial Nasional (Baksosnas) PSMKGI merupakan suatu kegiatan sosial terhadap masyarakat Indonesia yang dilaksanakan oleh Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) satu kali dalam satu periode kepengurusan sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat. Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAKAGI) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala adalah sebuah wadah yang menampung aspirasi dan kreatifitas dari mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dalam mewujudkan dan mengaplikasikan “Tri Darma Perguruan Tinggi” khususnya “Pengabdian Masyarakat”.

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu bagian dari kesehatan tubuh yang penting. Sebagian besar bibit penyakit dapat masuk ke dalam tubuh melalui gigi dan mulut. Oleh karena itu, gigi dan mulut harus selalu dirawat dan dijaga kesehatannya. Gigi dan mulut yang sehat akan memberikan kita kenyamanan dalam berbicara, makan, minum, dan melakukan semua aktivitas primer yang sangat dibutuhkan manusia. Maka dari itu, PSMKGI sebagai induk organisasi mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia membentuk kegiatan “Baksosnas PSMKGI” yang berupaya untuk meningkatkan, memelihara dan melindungi kesehatan gigi dan mulut tingkat nasional.

Kabupaten Pidie Jaya adalah sebuah wilayah yang terletak di pantai timur Aceh dan merupakan 1 dari 16 usulan pemekaran kabupaten/kota yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006. Dalam Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Kabupaten Pidie menempati peringkat 260 dengan kategori KaC atau Kabupaten Bermasalah Kesehatan.

Mahasiswa sebagai agen perubahan sekaligus elemen intelektual di tengah masyarakat merupakan salah satu pemegang amanah pembangunan bangsa. Peran serta mahasiswa ditengah masyarakat tidak hanya dibatasi kewajiban akademis di lingkungan kampus saja namun juga vital lewat kegiatan pengabdian di masyarakat secara langsung.

Dengan latar belakang tersebut, HIMAKAGI FK Unsyiah berencana untuk menyelenggarakan Kegiatan “Indonesian Dentistry Humanity & Sympathy Action for ACEH” yang terdiri dari Kegiatan Seminar Nasional “Disaster Management for Dentistry”, Temu Akbar Forum KOAS FKG se-Indonesia, Diskusi Warung Kopi Aceh “Kupi Beungoh”, Aksi Kemanusian Anak Kedokteran Gigi Unsyiah 3 (AKSI KANINUS 3) dan Bakti Sosial Nasional PSMKGI serta Wisata Tsunami dan Pulau Weh Tour. Kegiatan ini juga sebagai bentuk promosi Aceh kepada mahasiwa Kedokteran Gigi se-Indonesia dalam rangka menyukseskan program Visit Aceh Year 2013.

Kegiatan ini terdiri dari kegiatan :

  1. Seminar Nasional”Disaster Management for Dentistry”
  2. Temu Akbar Forum KOAS FKG se-Indonesia
  3. Diskusi Warung Kopi Aceh “Kupi Beungoh”
  4. AKSI KANINUS 3 dan Bakti Sosial Nasional PSMKGI
    • a. Pengobatan Gigi dan Mulut
    • b. Donor Darah
    • c. Aksi Gotong Royong “Go Green”
    • d. Home Visit
    • e. School Visit (DHE dan sikat gigi missal) dan Penyuluhan Puskesmas
    • f. Pemberian Makanan Tambahan
    • g. Lomba untuk anak TKA/TPA
    • h. Pertandingan Olahraga
  5. Wisata Tsunami dan Pulau Weh Tour

Kegiatan”Indonesian Dentistry Humanity & Sympathy Action for ACEH” akan dilaksanakan di 3 Kabupaten/Kota yaitu Kota madya Banda Aceh, Kabupaten Pidie Jaya dan kota Sabang. Dengan rincian kegiatan:

  1. Forum KOAS FKG se-Indonesia, Diskusi Warung Kopi Aceh “Kupi Beungoh”dan Wisata Tsunami akan dilaksanakan di Kota Banda Aceh.
  2. Kegiatan AKSI KANINUS 3 dan Bakti Sosial Nasional PSMKGI akan dilaksanakan di Kabupaten Pidie Jaya.
  3. Pulau Weh Tour akan dilaksanakan di Kota Sabang

Leave a Reply

  • (will not be published)


seven + 8 =