Bakti Sosial Reg. V Jogloseto PSMKGI

Bakti Sosial Regional V (Jogja, Solo, Semarang, Purwokerto) PSMKGI ini merupakan agenda tahunan yang dijadikan tender. Tepatnya tanggal 20-22 Juni 2014, didesa Petahunan kecamatan Pekuncen kabupaten Banyumas Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) berhasil menyelenggarakan acara baksos regional tersebut. Acara ini dihadiri oleh universitas yang berada didaerah regional V yaitu Jogloseto, diantaranya yaitu UGM, UMS, Unisula, Unimus, “plus” Unpad. Dihadiri pula oleh para tokoh masyarakat setempat, Sekertaris Jenderal beserta Wakil Sekertaris Jenderal, dan Ketua Komisi C “pengabdian masyarakat”.

Acara berlangsung sangat meriah, pada hari pertama 21 Juni 2014, para delegasi mengikuti acara pembukaan yang dihadiri oleh bapak Kepala Desa, upacara pembukaan ini digelar di Balai Desa Petahunan. Setelah melakukan upacara, para delegasi mengikuti acara pasar murah. Dimana di pasar murah merupakan kegiatan menjual barang-barang berupa baju layak pakai. Uang yang terkumpul tersebut yang nantinya akan diberikan kembali ke masyarakat. Para delegasi sangat antusias, melakukan promosi demi terjualnya pakaian yang ada.

event baksosreg

Panitia Penyelenggara BaksosReg V PSMKGI

Selain itu, demi mendekatkan diri dengan masyarakat dan memang desa ini tergolong desa yang tertinggal terbukti dengan desa ini merupakan desa yang memiliki angka penyakit gigi dan mulut pertama di Kabupaten Banyumas, para delegasi melakukan aktivitas mandi sore dirumah-rumah warga. Sesuatu yang unik, dan memang hanya akan ditemukan didesa ini hanya dengan mengetuk pintu dengan ramahnya warga desa akan memperbolehkan kita untuk masuk dan ikut mandi.

Malam hari, tepatnya di Balai Desa Pekuncen para delegasi disuguhkan acara nobar atau yang dikenal dengan nonton bareng. Selain memang menghibur para delegasi juga memang mengisi waktu malam minggu, karena bertepatan disaat malam minggu. Bisa dilihat bahwa para delegasi sangat konsentrasi dan menikmati acara nonton bareng itu. Sekitar tengah malam, acara nobar selesai, saatnya para delegasi untuk istirahat menuju hari esok yang merupakan acara inti.

event baksosreg1

Koas Dari Reg.V PSMKGI Melakukan Perawatan Gigi Gratis

Keesokan harinya, merupakan acara inti dari acara baksos regional V PSMKGI ini. Tepatnya pukul 07.00 tanggal 22 Juni 2014 merupakan puncak acara yaitu acara bakti social berupa pengobatan gratis bagi masyarakat di desa Petahunan. Pengobatan gratis ini meliputi skrining, pemeriksaan vital sign, scalling, tumpatan, ekstraksi gigi. Pengobatan gratis ini dilakukan oleh kakak koas dari ke-6 Institusi tersebut. Hampir sekitar 200 masyarakat datang berbondong-bondong untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut yang diadakan oleh UNSOED ini. Sungguh sangat membuat kakak koas terlatih skillnya, disamping itu para delegasi yang masih duduk di bangku S1 pun tidak mau kalah, mereka mengisi untuk melakukan skrining, pemeriksaan vital sign serta menjadi asisten pengobatan.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan berpamitan pada masyarakat. Bertemu dengan teman se-regional, mengabdi bersama, tidak ada rasa lelah. Mengabdi pada masyarakat di sekitar, sebagai anak muda yang peka terhadap masyarakat sekitar karena kita sebagai mahasiswa Kedokteran Gigi merupakan “agent of changes”. Acara ini sukses meraih perhatian dari berbagai lapisan masyarakat. “SALAM PENGABDIAN”

Leave a Reply

  • (will not be published)


6 + = eleven