“BERBAGI SENYUM SEHAT DI KAKI BROMO”

 

 

Bakti Sosial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung

unissula 1

Badan Eksekutif Mahasiswa beserta dengan Dosen dan Karyawan FKG-RSIGM Universitas Islam Sultan Agung pada tanggal 21-22 November 2015 kembali melaksanakan Bakti Sosial Bersama di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Ini merupakan kali pertama FKG Unissula melaksanakan Baksos Bersama di Jawa Timur setelah sebelumnya pada tahun 2014 kegiatan semacam ini dilaksanakan di Kecamatan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

unissula 2

 

Bertemakan ‘Senyum Sehat Sukapura-Bromo, Senyum Kesuksesan FKG Unissula”, kegiatan Baksos Bersama ini telah dijadikan sebagai kegiatan tahunan FKG-RSIGM Unissula dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Kecamatan Sukapura yang merupakan daerah kaki Gunung Bromo ini dipilih menjadi tempat bakti sosial karena menurut penuturan Kepala Puskesmas Sukapura jumlah kasus karies gigi dan penyakit jaringan periodontal selama tiga tahun terakhir cenderung meningkat. Selain itu, kondisi demografis pegunungan membuat masyarakat sekitar kesulitan mendapatkan fasilitas kesehatan gigi.

Acara bakti sosial dimulai pada pukul 08.00-14.00 WIB dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unissula, drg. Suryono, S.H., M.M., Ph.D. Jumlah  panitia dan peserta yang berpartisipasi dalam acara ini adalah 67 orang yang terdiri dari 25 dosen, 20 mahasiswa, dan 22 karyawan. Adapun rangkaian acara dalam kegiatan Baksos Bersama ini yaitu penyuluhan dan sikat gigi bersama di SD Sapikerep 1 dan SD Sapikrep 2, pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis meliputi  4 pos konservasi, 4 pos eksodonsi, dan 2 pos periodonsi. Selain itu untuk menarik antusiasme masyarakat, pihak panitia juga menyelenggarakan bazar baju layak pakai dan sembako murah yang hasilnya disumbangkan untuk pembangunan masjid sekitar.

Dengan kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh Puskesmas Sukapura, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, dan PDGI cabang Kabupaten Probolinggo acara ini dapat terselenggara dengan baik. Hal ini terbukti dengan jumlah pasien yang melakukan pengobatan mencapai 314 pasien.

unissula 3

unissula 4

Kegiatan Bakti Sosial Bersama yang dilaksanakan oleh FKG-RSIGM Unissula ini diharapkan dapat memberikan efek positif dan menjadi bagian dari peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia, selain itu juga dapat menumbuhkan jiwa sosial bagi civitas FKG Unissula dan menginspirasi institusi lain untuk dapat menyelenggarakan kegiatan serupa.

 

Intan Kumala S

FKG Universitas Islam Sultan Agung

Leave a Reply

  • (will not be published)


four × 7 =