Dentistry Charity VI FKG UNAIR di Desa Sirnoboyo Kabupaten Pacitan

unair 1     Bakti Sosial “Dentistry Charity” atau Baksos DC merupakan program kerja dari departemen pengabdian masyarakat BEM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Tahun ini merupakan keenam kalinya DC dilaksanakan. DC VI dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 24 agustus 2015 kemarin yang berlokasi di Desa Sirnoboyo Kabupaten Pacitan. Baksos DC kali ini banyak didukung berbagai pihak, khususnya dari pemerintah daerah kabupaten pacitan dan juga dinkes kabupaten pacitan. “Alasan kami memilih Kabupaten Pacitan khususnya di Desa Sirnoboyo menjadi lokasi baksos tahun ini karena masih minimnya tenaga kesehatan dan dokter gigi disana.” Ujar Ahmad Sukma Faisal, ketua panitia DC VI.

     Rombongan yang beranggotakan 70 mahasiswa preklinik, 21 mahasiswa klinik, dan 9 dokter gigi tersebut diberangkatkan secara resmi oleh Prof. Drg. Coen Pramono D, SU.,SpBM(K).,FICS selaku dekan FKG Unair pada tanggal 21 Agustus lalu di kampus A FKG Unair. Rangkaian kegiatan baksos ini diawali dengan beberapa penyuluhan dan pelatihan untuk masyarakat setempat, seperti pelatihan basic life support, dan penyuluhan hewan ternak bersama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Unair,  penyuluhan mencuci tangan, dan EDE yang dikemas dalam bentuk lomba kesehatan gigi di beberapa SD di Sirnoboyo.

unair 2     Acara dilanjutkan keesokan harinya yang merupakan puncak dari acara baksos DC VI yaitu pengobatan gigi gratis berupa pembuatan gigi palsu, pencabutan, tambal, dan pembersihan karang gigi. Antusiasme warga membuat pasien yang dapat tertangani berjumlah 350 pasien, melebihi yang ditargetkan panitia. Selain melakukan bakti sosial, para panitia pun juga ikut meramaikan dan membaur dengan masyarakat sekitar pada kegiatan Festival Rontek yang dilaksanakan setahun sekali di Pacitan.

unair 3     Kegiatan ini ditutup dengan meriah dari penampilan warga di acara syukuran pada malam harinya. Masyarakat desa Sirnoboyo melalui kepala desanya, mengatakan sangat antusias dan senang dengan kedatangan tim baksos DC VI ini. Faisal, ketua panitia DC VI, mengharapkan dengan diselenggarakannya baksos DC VI di Kabupaten Pacitan khususnya di Desa Sirnoboyo ini dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat setempat dan menumbuhkan kesadaran untuk tetap menjaga kesehatan gigi.

Leave a Reply

  • (will not be published)


three + 3 =