Implan Gigi

image002Implan gigi (gigi tanam) adalah gigi tiruan yang ditanam pada rahang gigi untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang. Implan gigi merupakan sekrup titanium yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan gigi asli. Penanaman dilakukan di tulang rahang bawah atau tulang rahang atas sehingga memungkinkan tersambungnya gigi pengganti dengan tulang.

Melakukan implant gigi adalah prosedur yang aman. Implan gigi juga dapat bertahan dan berfungsi dengan baik jika dirawat dan dijaga dengan baik seperti dibersihkan dan di cek ke dokter gigi secara rutin. Jika dirawat dengan baik, umumnya sekrup titanium dapat bertahan seumur hidup walaupun sarung atau alat- alat yang diperlukan untuk gigi implant perlu diganti apabila sudah lama. Namun, bagi pasien yang merokok, diperlukan perhatian ekstra agar gigi implant dapat bertahan lama dengan baik karena merokok akan mempengaruhi kondisi gigi implant. Hal ini menyebabkan banyak dokter gigi yang tidak akan melakukan implant pada pasien yang merokok.image003

Memasang sebuah implant cenderung lebih mudah daripada melakukan ekstraksi gigi dan hanya memerlukan anastesi local. Setelah gigi implant ditanam, tulang rahang akan tumbuh mengelilingi sekrup titanium dan menyatu. Secara umum, pemasangan gigi implant akan memakan waktu 4-9 bulan tergantung keadaan tulang yang tersedia.

Proses pemasangan implant gigi dibagi dalam beberapa tahap yaitu :

Step 1 : Meletakkan Implan Gigiimage008
Ahli bedah mengangkat jaringan gusi dan meletakkan fixture ke dalam tulang rahang. Gusi dikembalikan ke posisi semula dan dijahit. Tidak terdapat rasa ketidaknyamanan berlebihan setelah prosedur ini.

Step 2 : Periode Osteointegrasiimage007
Selama 3 bulan, tulang akan menempel dengan sendirinya pada fixture implant gigi yang telah ditanam. Proses ini disebut osteointegrasi. Terkadang dipasang gigi tiruan sementara agar tidak mempengaruhi penampilan pasien.

Step 3 : Memasang Abutmentimage005
Apabila proses osteointegrasi telah selesai, ahli bedah akan memasang abutment. Abutment ini akan menutupi gusi dan menyangga gigi palsu.

Step 4 : Pemasangan Gigi Palsuimage006
Gigi palsu tertanam di tulang dan gusi. Gigi palsu akan terlihat dan berfungsi seperti gigi asli.

 

 

Red: Nia Nathania, Universitas Indonesia

Referensi :
https://www.dentalhealth.org/tell-me-about/topic/cosmtic-dentistry/implants

http://www.iosc.com.sg/id/id_dental_implants

Leave a Reply

  • (will not be published)


× five = 30