Latihan Kepemimpinan dan Managerial Mahasiswa Nasional

Sebanyak 95 calon pengurus PSMKGI dari 22 institusi se-Indonesia menghadiri kegiatan LKMM Nasional PSMKGI ke 12 yang diselenggarakan pada 4-8 Juni 2014 lalu di Universitas Andalas Padang. LKMM Nasional merupakan salah satu rangkaian alur kaderisasi PSMKGI yang wajib diikuti oleh para calon pengurus PSMKGI. Tema yang diangkat pada LKMM Nasional kali ini adalah “Ranah Minang nan Elok Babudayo, Basamo Kito Mawujudkan Pemimpin nan Didahulukan Salangkah, Ditinggikan sarantiang”. Pemilihan tema ini dimaksudkan agar seluruh peserta LKMM Nasional dapat menjadi pemimpin yang didahulukan selangkah, yang artinya pemimpin yang bisa selalu berada di depan dari yang dipimpinnya, berkualitas lebih dari yang dipimpinnya, namun karena hanya selangkah, pemimpin tersebut tetap berada dalam jangkauan yang dipimpinnya, sehingga apabila ada sesuatu yang dirasa kurang, yang dipimpin dapat mengingatkan pemimpinnya. Dengan kata lain, menjadi pemimpin yang dekat dengan yang dipimpinnya. Sedangkan ditinggikan seranting mengandung makna bahwa kepemimpinan tersebut diperoleh dengan jalan yang layak, atau diangkat secara formal oleh yang berwenang mengangkat pemimpin.

Pembukaan LKMM Nasional dilaksanakan pada malam hari tanggal 4 Juni 2014 di Convention Hall Universitas Andalas, dihadiri oleh Perwakilan Gubernur Sumatera Barat, Perwakilan Walikota Padang, Wakil Rektor Universitas Andalas, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, Presiden BEM KM Universitas Andalas, Perwakilan ISMKMI Universitas Andalas, Ketua BEM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, serta para tamu undangan lainnya. Agenda pembukaan dibuka dengan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan mars PSMKGI, mars FKG Universitas Andalas, lagu-lagu daerah, serta tarian daerah. Pembukaan kemudian dilanjutkan dengan gala dinner. Setelah gala dinner, seluruh peserta kembali ke penginapan untuk beristirahat agar dapat mengikuti materi esok hari dengan baik.

IMG_6812 (2)

Pembukaan LKMM Nasional XII PSMKGI

Materi pertama mengenai Analisis Organisasi disampaikan oleh drg. Danny K. Aerosta, Sekretaris Jenderal PSMKGI periode 2006-2008. “PSMKGI memang telah berubah, ke arah yang lebih baik tentunya. LKMM Nasional ini menjadi salah satu parameternya. Kaderisasi terpola menjadi salah satu hakikat LKMM Nasional. Ke depan, pola kaderisasi berjenjang harus dilaksanakan dari level institusi berarak ke tingkat nasional. Dengan metode tersebut, LKMM Nasional akan semakin efektif, efisien, dan optimal.” pesan drg. Danny K. Aerosta.

Materi selanjutnya adalah Tata Cara Penulisan Artikel dan Berita yang dibawakan oleh Pak Sukri Umar, S.Pt. selaku direktur Harian Padang Ekspres. Berikutnya komisi D membagi materi Web Hosting dan Branding Organisasi melalui Dani Sugeng Prasetyo, S.KG. Selanjutnya peserta mendapatkan materi mengenai Wawasan Kebangsaan yang disajikan oleh dua tokoh, yaitu Indra Jaya Piliang, politisi kelahiran Pariaman Sumatera Barat serta Dr. Ir. H. Jafrinur, M.SP., Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Acara kemudian dilanjutkan oleh Tommy Frahdian, S.KG., Koordinator Komisi C PSMKGI periode 2012-2014 selaku pemateri Pengabdian kepada Masyarakat. Hari ke-dua ini ditutup dengan materi Manajemen Forum oleh Edi Kurniawan, S.Hum, M.Hum, MM, Presiden BEM KM Universitas Andalas 2010/2011.

IMG_6504

Peserta Mendapatkan Berbagai Materi

Hari ketiga, 6 Juni 2014, semangat para peserta dinyalakan oleh drg. Ugan Gandar yang membawakan materi Wacana Publik. Kemudian dilanjutkan dengan materi Pengembangan Organisasi oleh Dody Syahputra, S.Kom, selaku Manager Network Service Area Telkomsel Padang. Selepas shalat Jumat drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS membuka wawasan para peserta tentang Dokter Gigi di Era Globalisasi. Materi kemudian dilanjutkan oleh Dr. Ulfatmi, M.Ag. yang membagi ilmunya mengenai Urgensi Komunikasi dalam Pengembangan Kepribadian. Malamnya, seluruh peserta dan panitia menerima keramahan kota Padang dengan menghadiri jamuan di rumah walikota Padang.

Selepas jamuan, diadakan talkshow dengan tema PSMKGI Kini Jo Isuak yang menghadirkan drg. Fahmi Mulya, drg. Ufo Pramigi, dan Muhammad Fuadi, S.KG. Ketiganya sempat berkecimpung dalam PSMKGI pada masa yang berbeda. Drg. Fahmi Mulya mengungkapkan, “Dengan adanya LKMM Nasional ini membuktikan bahwa mahasiswa kedokteran gigi tidak terbatas pada kemampuan klinis saja, tetapi juga mampu mewarnai di masyarakat. Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu memaknai Tri Dharma Perguruan Tinggi, agar apat mengolah rasa kepedulian menjadi ilmu yang berguna.” Di penghujung malam, peserta menerima materi tentang Menjadi Mahasiswa Indonesia yang dibawakan oleh Gari Primananda, S.Si.

Keesokan harinya acara yang disusun lebih santai dan tidak sepadat dua hari sebelumnya. Peserta mengikuti outbond dan berkesempatan mengunjungi Jam Gadang di Bukittinggi, membeli buah tangan, serta menikmati Sate Padang Mak Syukur di Padang Panjang. Kegiatan hari ini bertujuan menambah keakraban antarpeserta. Hari terakhir, 8 Juni 2014, diisi dengan materi resolusi konflik. Pada materi ini, para peserta juga diberi kesempatan untuk mengasah kemampuan debatnya. Sebagai bonus, peserta dapat melihat Sekjen dan Wasekjen PSMKGI, Muhammad Fuadi dan Gelar S. Ramdhani menampilkan performa mereka dalam debat. Rangkaian acara LKMM Nasional kemudian ditutup dengan penampilan dari peserta.

IMG_6776

Salah Satu Kegiatan “Fun” LKMMNAS

“Sangat hebat LKMM Nasional PSMKGI ini. Kita bertemu orang-orang hebat se-Indonesia, dengan seluruh adat dan budaya yang ada. Dan itu bisa membuat kita menjadi nasionalis lagi.” Ungkap Affan Nuranggar Insani, salah satu peserta LKMM Nasional XII PSMKGI. Tidak hanya bagi peserta, rupanya LKMM Nasional ini juga berarti bagi panitia untuk menjalin silaturrahim dengan mahasiswa kedokteran gigi seluruh Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Amanadentha Augustriza, koordinator Humas dan LO LKMM Nasional XII, “Saya senang ada LKMM Nasional. Selain menambah pengalaman, teman saya juga jadi bertambah. Berarti banget lah LKMM Nasional ini buat saya. Walaupun capek tapi tetap senang banget.”

Dengan pelatihan ini diharapkan mahasiswa kedokteran gigi mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki dengan niat, motivasi, dan usaha keras sehingga potensi yang dimiliki bisa menghasilkan prestasi yang gemilang. Sehingga pada akhirnya dapat mencetak mahasiswa kedokteran gigi yang tidak hanya ahli di bidangnya sebagai tenaga kesehatan, tetapi juga bisa menjadi sosok teladan dari segi kepemimpinan, manajemen, kepribadian, dan sosial untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia! Viva PSMKGI!

One Response to “Latihan Kepemimpinan dan Managerial Mahasiswa Nasional”

  1. Nashriatul Mawaddah

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Semoga LKMM Nas ini akan bermanfaat bagi kita semua

    Reply

Leave a Reply

  • (will not be published)


one × 5 =