Pra-musyawarah Nasional

PRAMUNAS XIII

Universitas Jend. Ahmad Yani (UNJANI) adalah institusi yang diamanahkan oleh peserta rakernas PSMKGI untuk menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Pramunas PSMKGI di awal tahun 2014. Setelah melalui berbagai pertimbangan melalui banyak diskusi, akhirnya diputuskan Pramunas diadakan pada tanggal 20-23 Maret 2014 di Villa Istana Bunga, Lembang, Jawa Barat. Selain agenda sidang evaluasi dan rekomendasi pertengahan periode, diadakan juga Lomba KTI, Operculum, dan penyuluhan SLB sekaligus perayaan Hari Kesehatan Gigi Dunia.

Pada hari pertama, sebagian besar delegasi sudah mulai berdatangan. Pembukaan pramunas diadakan di auditorium Fakultas Kedokteran UNJANI yang baru selesai dibuat. Saat pembukaan dihadiri oleh delegasi pramunas dari berbagai kampus, Muhammad Fuadi (Sekjen PSMKGI), Dani Gustian (ketua HIMAPROGI KG UNJANI), kaprodi (drg. Muslich Mahmud, Sp.Pros) dan dosen prodi KG UNJANI, perwakilan pengcab PDGI Bandung, Wakil Rektor I dan II UNJANI. Selain itu juga hadir perwakilan dari IOMS kesehatan, yaitu IKAMABI. Secara resmi pramunas dibuka oleh Wakil Rektor I UNJANI, Dr. drg. Rahman Ardan, M.S., Sp.Pros

PRAMUNAS1

Saat pemukulan gong tanda pramunas resmi dibuka

Setelah acara pembukaan, delegasi dipindah ke tempat Villa Istana Bunga, Lembang. Kurang lebih perjalanan ditempuh dalam 1-1,5 jam dari kota Cimahi. Setelah sampai di tempat dan memindahkan barang perlengkapan delegasi, pukul 16.00 sidang dibuka. Membahas tata tertib, memilih pimpinan sidang dan menyepakati agenda-agenda sidang. Pada pukul 20.00, dimulai laporan pertanggungjawaban Sekjen-wasekjen, setelah itu dilanjutkan biro ekuin, dan biro litbang. Komunikasi ke institusi, momen kongres PDGI, kritik saran untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk ekuin menjadi masukan. Pada saat berdiskusi sesi litbang, banyak pertanyaan sehingga dilanjutkan besok pagi.

Pertanyaan hasil riset, legal formal dan rekomendasi tata cara pemilihan sekjen-wasekjen cukup menjadi diskusi yang panjang pada hari kedua. Berbagai padangan muncul terkait metode pemilihan sekjen, lebih dari sebagian institusi merespon positif untuk perubahan metode menjadi rangkaian pemilihan dilakukan dimulai dari sebelum munas yang dilaksanakan oleh tim khusus penyelenggara pemilihan. Setelah itu dilanjutkan oleh komisi A (pendpro), membahas BIMKGI, program hardiknas, agenda bersama HPEQ Student dan menjabarkan agenda-agenda kedepan. Komisi B (PSDM) menyampaikan grafik keaktifan pengurus, program penyambutan mahasiswa baru, dan LKMMNas dan magang yang akan dijalankan setelah pramunas.

Komisi C menyampaikan banyak agenda pengabdiannya, cepat tanggap bencana, aksi hari-hari kesehatan (WOHD, WNTD) dan juga inisiasi desa binaan PSMKGI. Komisi D (media-informasi) menyampaikan produk Caninus magz, desain, sosmed PSMKGI, pengelolaan website, publikasi agenda institusi menjadi masukan untuk komisi D. komisi E (jaringan) menyampaikan bahwa Indonesia telah resmi sebagai anggota negara di IADS dan akan menjadi tuan rumah saat kongres IADS ke-61. Komisi F (kastrad) berusaha menyusun kembali dan menguatkan pengurus melalui training of kastrad yang akan diadakan petengahan tahun. Hari kedua ditutup dengan rekomendasi setengah periode ke depan, tentang control monitoring koorin, pemilihan BP dan follow up metode baru pemilihan sekjen-wasekjen.

PRAMUNAS2

Suasana saat sidang pramunas

Hari ketiga terdapat agenda ke SLB, delegasi dan panitia terbagi menjadi 2 tempat, di Cimahi dan Citeurep. Para delegasi sangat antusias dalam upaya memberikan penyuluhan ke orang tua dan praktek sikat gigi masal siswa SLB. Pihak sekolah juga merespon baik agenda ini, sebagai perhatian calon tenaga kesehatan gigi terdapat anak berkebutuhan khusus. Terdapat juga penampilan dari siswa SLB yang mengesankan. Banyak ilmu yang kami dapatkan dari kegiatan ini, syukur nikmat, kepedulian, kesebaran dan masih banyak lagi. Setelah dari SLB, acara dilanjutkan dengan presentasi LKTI, media inovasi SD dan 3D untuk penyuluhan (Operculum). Pemenang lomba operculum media 2 D diraih oleh Nuansa hanum dkk dengan Ular Tangga dari FKG UGM dan media 3 D diraih oleh Fachmi Muzzaqi dari KG UNSOED dengan Buku Dongeng kedokteran gigi.

PRAMUNAS3

Sikat gigi masal di SLB

Pada malam harinya, diadakan forum alumni yang dihadiri oleh drg. Mahendra Jaya (sekjen pertama PSMKGI), drg, endro, drg. Findo, dan alumni-alumni PSMKGI dari FKG UNPAD , UKM, dll. Pada forum tersebut, banyak diberikan motivasi, masukan dan saran serta menunjukkan alumni yang masih peduli PSMKGI. Setelah itu pengumuman pemenang, dan perayaan WOHD. Hari keempat diadakan seminar tentang bedah mulut dan kedokteran gigi anak, dari dosen KG UNJANI dan FKG UNPAD. Setelah seminar, delegasi dimanjakan dengan menikmati penampilan angkllung Udjo dan berfoto bersama dengan pemain angklung udjo. Banyak kesan, evaluasi dan rekomendasi selama pramunas, untuk terus memperbaiki dan menjadikan PSMKGI lebih Kokoh, Progresif dan kontributif.

Leave a Reply

  • (will not be published)


six − 3 =