RAKERNAS PSMKGI XIV

DSC_1036

Rapat Kerja Nasional PSMKGI yang ke-14 atau yang biasa dikenal dengan Rakernas XIV PSMKGI telah terselenggara pada tanggal 6 – 9 Februari 2015 bertempat di Universitas Padjajaran, Bandung. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta delegasi dari 28 institusi yang hadir. Acara ini diawali dengan opening ceremony yang bertempat di Gedung Bale Santika Universitas Padjajaran. RAKERNAS PSMGI XIV dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, yakni dr. Ahyani Raksanegara, M.Kes, Wakil Ketua PB PDGI, yakni Dr. drg. Hananto Seno, MM., Sp.BM, Perwakilan Rektor, Direktur Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan alumni Universitas Padjajaran, yakni Dr. Ir. Herryawan KM, M.Sc, Dekan FKG Universitas Padjajaran, yakni Dr. drg. Nina Djustiana, M.Kes, Sekretaris Jendral PSMKGI, yakni Fachmi Muzaqii, Ketua BEM FKG UNPAD Wisam Rizqullah, dan Ketua Pelaksana Rakernas XIV PSMKGI, yakni Benazir Amriza. Saat opening ceremony, para delegasi disambut dengan tarian tradisional khas Sunda dan diiringi dengan alunan musik tradisional khas Sunda. Acara ini resmi dimulai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh dr. Ahyani dan ditemani oleh segenap tamu undangan.

IMG_5641

Acara hari pertama dilanjutkan dengan rapat yang bertempat di Gedung FKG Unpad dengan agenda membahas tata tertib Rakernas XIV PSMKGI. Setelah rapat selesai, agenda dilanjutkan dengan pelantikan pengurus PSMKGI periode 2014-2016 dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan gambaran umum PSMKGI Kabinet Aksi Cerdas yang dilakukan oleh Sekjen dan Wasekjen PSMKGI, Fachmi Muzaqii dan Saindra Arsa. Rapat kerja hari pertama diakhiri dengan diadakannya rapat komisi yang dilakukan dalam forum-forum kecil sesuai komisi biro PSMKGI pada malam harinya. Rapat komisi ditunda dan dilanjutkan keesokan harinya, kemudian delegasi beristirahat di penginapan masing-masing.

Acara hari kedua dilanjutkan dengan rapat komisi yang sempat tertunda di malam sebelumnya. Setelah rapat komisi selesai, acara dilanjutkan dengan rapat pleno dengan agenda pemaparan hasil rapat komisi dari masing-masing koordinator komisi dan biro PSMKGI. Rapat pleno berakhir pada malam hari di hari kedua.

PLENO 2

Acara hari ketiga adalah open tender. Institusi yang berkeinginan untuk menjadi tuan rumah dalam agenda nasional PSMKGI memaparkan presentasi proposalnya dalam forum ini. Hasil dari open tender pada hari ketiga rakernas ini adalah :

Baksosnas : Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

Dies Natalis : Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo

Pramunas : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta

LKMMNas : Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Munas : Universitas Hang Tuah, Surabaya

Disaat yang bersamaan, dilaksanakan juga matrikulasi nasional sebagai kompensasi terakhir bagi calon pengurus PSMKGI yang belum memenuhi alur kaderisasi staff komisi dan biro. Acara ini bertempat di gedung kuliah FKG UNPAD, dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 18.00 WIB. Kemudian puncak acara dari Rakernas XIV ini adalah malam ririungan. Sedikit berbeda dengan gala dinner yang biasa diadakan di malam puncak agenda nasional PSMKGI, pada kesempatan kali ini para delegasi diajak untuk menikmati santap malam bersama dengan duduk diatas karpet dengan kaki bersila sebagai salah satu adat khas Sunda. Pada malam ririungan ini, para delegasi dihibur dengan penampilan dari paduan suara FKG UNPAD, percussion band dari panitia FKG UNPAD, dan penampilan dari masing-masing komisi dan biro. Dalam acara ini dihadiri pula oleh pihak KKD (Kelompok Kreatifitas Difable), melalui proker 1000 kaki dari Bakti Nusa Bandung. Malam ririungan diakhiri dengan pembagian vandal kenang-kenangan berbentuk angklung dari pihak panitia kepada segenap institusi yang hadir.

Acara hari keempat adalah city tour. Pada city tour kali ini, para delegasi dimanjakan dengan pemandangan indah di Gunung Tangkuban Perahu. Cuaca sempat tidak mendukung dengan adanya hujan lebat di lokasi city tour, namun agenda city tour akhirnya dapat terlaksana setelah hujan reda. Setelah itu para delegasi diajak untuk berkeliling Kota Bandung, tepatnya di Jl. Trunojoyo. Disini para delegasi dapat menikmati suasana Kota Bandung sambil berbelanja disekitar jalan ini. Setelah agenda city tour selesai, para delegasi pulang ke kota asalnya masing-masing dengan diantarkan oleh pihak panitia sampai ke lokasi transportasi masing-masing delegasi.

IMG_7988

Acara ini dapat terselenggara dengan baik dengan bantuan kerja sama dari pihak-pihak terkait. Terimakasih kepada para delegasi Rakernas XIV PSMKGI atas kerjasamanya selama acara ini berlangsung. Terimakasih yang teramat besar kepada pihak panitia penyelenggara, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, yang telah bersusah payah demi kelancaran dan kesuksesan acara ini. Semoga hasil yang telah dirumuskan dalam Rapat Kerja Nasional ini dapat dilaksanakan oleh segenap pengurus PSMKGI dalam satu periode kedepannya.

VIVA PSMKGI !

Leave a Reply

  • (will not be published)


× eight = 40