The First Summit AOMKI

  

Semangat Kolaborasi! Apa Sih Maksudnya?

           Semangat kolaborasi, merupakan kata-kata yang sering didengungkan akhir-akhir ini di antara mahasiswa-mahasiswa kesehatan. Mengapa mahasiswa-mahasiswa kesehatan perlu berkolaborasi? Apakah berkolaborasi merupakan hal yang penting?

          Health Professional Education Quality (HPEQ) merupakan proyek Dikti yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyedia jasa kesehatan (dokter, dokter gigi, perawat, dan bidan). Sebelumnya, mahasiswa tidak diikutsertakan di dalam proyek dikti tersebut. Pada tahun 2010, beberapa ormawa kesehatan datang ke Dikti dan meminta diikutsertakan dalam proyek HPEQ sehingga munculah yang disebut dengan HPEQ Students.

       1449077714089Pada tahun 2014, proyek HPEQ selesai lalu dibentuklah AOMKI. AOMKI adalah Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia. Jadi, AOMKI merupakan kelanjutan dari HPEQ Students dan didukung penuh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi dan Indonesian Youth Health Professional Society (IYHPS). Anggota AOMKI terdiri dari 9 ormawa kesehatan yaitu, ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia), ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa kedokteran Indonesia), PSMKGI (Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia) , ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), AMSA (Asian Medical Students Association), ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), CIMSA (Center For Indonesian Medical Students Activities), ILMAGI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia), dan IKAMABI (Ikatan Mahasiswa Kebidanan Indonesia).

           Tujuan dari AOMKI adalah  (Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis) kesehatan, menjadi wadah pergerakan mahasiswa kesehatan yang berpengaruh dalam proses usaha peningkatan derajat kesehatan Indonesia, dan berpartisipasi aktif dalam membangun sistem pendidikan kesehatan Indonesia yang bersifat kolaboratif.

           Fungsi AOMKI adalah sebagai wadah kolaborasi untuk semua mahasiswa kesehatan di bidang pendidikan dan kesehatan yang harapannya dengan berkolaborasi dampaknya bisa langsung terkena ke masyarakat. “Selain itu, diharapkan AOMKI dapat dijadikan sebagai wadah pembiasaan mahasiswa kesehatan untuk bekerja sama dengan mahasiswa kesehatan lainnya sehingga mahasiswa kesehatan tersebut dapat mengetahui ranah dan batasannya masing-masing sehingga ketika bekerja di masa depan, tenaga kesehatan bisa bekerja sama dengan baik dan optimal,” Kata Hindun Risni, Koordinator AOMKI

         “Latar belakang diperlukannya kolaborasi ini adalah untuk menghindari medical error yang disebabkan karena faktor manusia. Medical error dapat merugikan pasien secara fisik, materil, dan psikologis dan merugikan tenaga kesehatan. Dengan terlaksananya kolaborasi di bidang kesehatannya, dampaknya dapat terasa langsung pada pelayanan kesehatan, yaitu berupa waktu rawat pasien lebih singkat dan dana untuk pelayanan kesehatan juga lebih hemat sehingga pelayanan kesehatan meningkat yang dapat menyebabkan tingginya derajat kesehatan Indonesia,” Lanjut Hindun.

        14490777317211449077723620

Pada tanggal 31 Oktober-1 November 2015, dilaksanakan The First Summit AOMKI di Bandung. The First Summit AOMKI ini merupakan lanjutan dari Pre-Summit AOMKI yang dilaksanakan tanggal 9-10 Mei 2015. Tujuan The First Summit AOMKI adalah membangun penguatan internal, menjalin silaturahmi anggota dan pengurus AOMKI, dan menyamakan presepsi antar anggota dan pengurus AOMKI. Kegiatan The First Summit AOMKI berupa rapat kerja AOMKI, rapat kerja AOMKI-IYHPS, seminar kolaborasi, dan capacity building. Hasil dari The First Summit AOMKI ini adalah Naskah Akademik, SOP, Program Kerja, BOT, dan Executive Board yang sudah disahkan, alur koordinasi dengan Bimkes, kerja sama dengan IYHPS. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan ormawa kesehatan, perwakilan ormawa kesehatan, executive board, IYHPS, perwakilan Bimkes, perwakilan ormawa kesehatan lain seperti, kedokteran hewan dan fisioterapi, alumni ormawa, dan calon BOT AOMKI (dewan penasihat AOMKI). Sehingga dengan hasil-hasil yang telah dipaparkan, diharapkan AOMKI dapat menjadi wadah kolaborasi bagi seluruh mahasiswa kesehatan Indonesia agar dapat mencapai Indonesia Sehat. Viva PSMKGI! Semangat Kolaborasi!

Leave a Reply

  • (will not be published)


− 2 = four