World Oral Health Day 2016

POSTERTerdapat hubungan antara kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Pada suatu penelitian, 40% masyarakat dengan penyakit gusi yang parah juga dilaporkan menderita kondisi kronis lainnya. Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa kesehatan gigi dan mulut yang baik bukan sekedar memiliki senyum yang indah, melainkan merupakan hal yang mendasar untuk kesehatan secara menyeluruh.

Dr. drg. Edoardo Cavalle mengungkapkan bahwa penyakit gigi dan mulut menyerang 3.9 juta orang diseluruh dunia, dengan 60% – 90% anak-anak menderita karies gigi. Namun, masih kurangnya pemahaman masyarakat akan kunci peranan kesehatan gigi dan mulut terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Langkah sederhana seperti menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit sebaiknya diterapkan pada pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sehari-hari. Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia merupakan kesempatan emas untuk komunitas dokter gigi untuk membuat perbedaan yang nyata tentang kesehatan gigi dan mulut di seluruh dunia.

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Maret. Hari ini merupakan hari internasional untuk memperingati akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut serta untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia akan pentingnya kebersihan gigi dan mulut. Hari ini merupakan hari untuk setiap orang bersenang-senang dengan aktifitas yang membuat tertawa, bernyanyi dan terswenyum. WOHD 2016 bertujuan agar setiap orang mengetahui dampak kesehatan gigi dan mulutnya terhadap kesehatan tubuhnya secara menyeluruh.

Semua berawal disini. Mulut Sehat. Tubuh Sehat.

Kalimat berikut merupakan pesan yang sangat menarik yang tertanam secara mendunia akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, mendorong masyarakat untuk melakukan gerakan perubahan.

PSMKGI di Indonesia juga memperingati WOHD. Peringatan ini dilakukan diseluruh intitusi kedokteran gigi di Indonesia secara serentak pada tanggal 19 Maret 2016. Tema yang diangkat disesuaikan dengan tema dari FDI diatas, yaitu “Semua berawal disini. Mulut Sehat. Tubuh Sehat”. Target dan sasaran acara ini adalah siswa-siswi di tingkat sekolah dasar atau sederajat dengan bentuk kegiatan antara lain penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi bersama, pemeriksaan gigi dan mulut, senam bersama, bursh-day-and-night, dan lain-lain. Tujuan dari acara ini adalah untuk menanamkan kepada anak-anak tidak hanya untuk tahu tentang kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga untuk menerapkannya pada kebiasaan rutin sehari-hari. Berikut dibawah ini merupakan beberapa dokumentasi dari kegiatan yang dilakukan di masing-masing institusi.

Mari kita menjaga kesehatan gigi dan mulut kita karena kesehatan gigi dan mulut akan berdampak bagi kesehatan tubuh kita. Menyikat gigi secara rutin dua kali sehari merupakan langkah nyata untuk melakukan perubahan dalam keseharian kita untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutmu ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Viva PSMKGI !!!

UNSYIAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

  • (will not be published)


nine − = 8